Yang dimaksud dengan WinSock


Winsock atau Windows Socket adalah Sebuah API (Application Programming Interface) yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi Windows yang dapat berkomunikasi dengan protokol TCP/IP. Windows NT dan Windows 95 dilengkapi dengan implementasi Winsock bernama winsock.dll, yang menjadi perantara antara aplikasi Windows dan koneksi TCP/IP.


Untuk penjelasan yang lebih detail, silakan download file PDF berikut yang berisikan mengenai semua tentang Winsock (Bahasa Indonesia).

Pada awalnya saya curiga kalau sistem terkena serangan virus atau trojan, namun kecurigaan tersebut ternyata tidak terbukti karena sistem keamanan sudah saya set ke paling tinggi untuk Norton AntiVirus 2010, COMODO Firewall, COMODO Defense+ dan Spyware Terminator with HIPS, terupdate dan aggressive. Pemeriksaan melalui Process Explorer, Autoruns dan COMODO Active Connection tidak menemukan keanehan apa pun.

Lalu saya mencari info mengenai masalah ini di internet dan menemukan solusinya ternyata sangat mudah untuk dilakukan. Untuk kasus Winsock ini biasanya disebabkan perubahan – perubahan registry Windows atau instalasi driver yang secara tidak sengaja mengubah entri dan setting Winsock Windows XP. Saya sendiri baru mengalami kejadian ini lima hari yang lalu, sebabnya pun saya sendiri masih dalam analisa, awalnya saya curiga terhadap software dialer dari modem saya (AT&T Communication Manager) namun setelah melakukan downgrade ke versi 6.8 ternyata sama saja.

Di internet saya menemukan solusinya dari seorang member yang juga bernasib sama, di forum tersebut disebutkan bahwa untuk memperbaiki kerusakan Winsock, gunakan Winsock XP Fix 1.2, setelah saya download langsung saya gunakan saat itu juga. Berikut tampilan dari Winsock XP Fix 1.2.

winsockxpfix

Untuk memulai memperbaiki Winsock yang rusak cukup klik tombol “Fix” lalu biarkan Winsock XP Fix 2 bekerja dengan sendirinya hingga pada saat selesai akan ada konfirmasi untuk melakukan restart sistem. Setelah sistem restart, segera coba koneksi internetnya dengan mengunjungi suatu website, jika status bar di web browser muncul “Transferring data from….” berarti Winsock sudah pulih dan koneksi internet di OS Windows XP sudah lancar kembali.


sumber:ezakomin

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Yang dimaksud dengan WinSock"

Post a Comment