Yang dimaksud dengan NetBIOS


NetBIOS Adalah suatu antarmuka (interface) dan sebuah protokol yang dikembangkan oleh IBM. Nama NetBIOS adalah sebuah nama yang berukuran 16-byte yang digunakan oleh keluarga sistem operasiWindows NT untuk sebuah fungsi atau layanan jaringan. Nama NetBIOS digunakan oleh aplikasi-aplikasi yang memakai jasa protokol dan API NetBIOS. Menggunakan nama NetBIOS jauh lebih mudah dan lebih bersahabat untuk menidentifikasi sebuah host komputer dalam sebuah jaringan daripada menggunakan angka-angka (dalam hal ini adalah alamat IP).

NetBIOS (Network Basic Input/Output System)


Fungsi NetBIOS


-   Naming Services
-   Dipergunakan untuk menyebarkan nama group, user dan komputer ke jaringan. Ia juga   bertugas untuk memastikan agar tidak terjadi duplikasi nama.
-   DataGram Support
-   Menyediakan transmisi tanpa koneksi yang tidak menjamin suksesnya pengiriman paket, besarnya tidak lebih besar dari 512 bytes. Metode datagram ini digunakan oleh naming services.
-   Session Support
-   Memungkinkan transmisi dimana sebuah virtual circuit session diadakan sedemikian rupa sehingga pengiriman paket dapat dipantau dan dikenali.

sumber:ezakomin

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Yang dimaksud dengan NetBIOS"

Post a Comment